News and Blog

Pertama Kali Partisipasi, ULT Kemendikbudristek Raih Prestasi dalam The Best Contact Center Indonesia

WhatsApp Image 2023-09-27 at 18.56.06
Berita

Pertama Kali Partisipasi, ULT Kemendikbudristek Raih Prestasi dalam The Best Contact Center Indonesia

Pertama kali berpartisipasi, ULT Kemendikbudristek raih prestasi di TBCCI 2023. (Foto: Kemendikbudristek).
Pertama kali berpartisipasi, ULT Kemendikbudristek raih prestasi di TBCCI 2023. (Foto: Kemendikbudristek).

(Jakarta, Itjen Kemendikbudristek)  – Unit Layanan Terpadu (ULT) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil meraih penghargaan dalam acara The Best Contact Center Indonesia (TBCCI) 2023 yang diadakan di Hotel Bidakara, Jakarta pada Selasa, (26/09/2023). Ini merupakan kali pertama ULT Kemendikbudristek ikut serta dalam acara yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA), namun telah berhasil meraih penghargaan Platinum dengan skor 94,29 dalam kategori The Best Technology Innovation.

Anang Ristanto, Pelaksana Tugas Kepala Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (Plt. Kepala BKHM), mengungkapkan rasa syukur atas pencapaian ULT Kemendikbudristek. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Indonesia Contact Center Association yang telah memberikan penghargaan Platinum The Best Contact Center Indonesia 2023 dalam kategori The Best Technology Innovation Contact Center kepada Kemendikbudristek. Penghargaan ini menjadi motivasi bagi kami untuk terus berinovasi dan meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Emi Salpiati, perwakilan Tim Pengelola Contact Center Unit Layanan Terpadu (ULT) Kemendikbudristek, menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas dukungan dari pimpinan dan seluruh tim contact center Kemendikbudristek. “Kami sangat bersyukur atas penghargaan platinum ini dan kami akan menggunakannya sebagai dorongan untuk terus memperbaiki layanan contact center kami. Kami sadar bahwa mempertahankan penghargaan ini jauh lebih sulit daripada meraihnya. Dukungan dari pimpinan dan seluruh tim akan memperkuat upaya kami dalam mengelola contact center Kemendikbudristek,” ujar Emi.

Menurut Emi, TBCCI 2023 merupakan pengakuan bagi ULT Kemendikbudristek dalam penggunaan teknologi informasi yang efektif untuk meningkatkan layanan publik. Dalam kesempatan yang sama, Perwakilan dari Tim Operasional Layanan Masyarakat, Achmad Moesadad turut menyampaikan  “Ini adalah langkah penting dalam upaya kami untuk terus berinovasi dan memberikan layanan terbaik kepada masyarakat. Ini juga merupakan kesempatan untuk belajar dan berkolaborasi dengan profesional contact center lainnya,” tambah Achmad Moesadad, perwakilan dari Tim Operasional Layanan Masyarakat.

Demikian pula, Bagus Satriya Dirgantara, perwakilan lain dari Tim Operasional Layanan Masyarakat, mengucapkan terima kasih atas dukungan pimpinan dalam memfasilitasi transformasi layanan publik di ULT Kemendikbudristek.

Penghargaan Platinum yang diraih Kemendikbudristek dalam kategori Inovasi Teknologi di TBCCI 2023 merupakan hasil kerja keras Tim Cust Ops GovTechEdu dan Tim ULT Kemendikbudristek di BKHM. Tema mereka, “Meningkatkan Kepuasan Pelanggan melalui Sistem Centralized CRM di Unit Contact Center MoECRT,” membuat mereka meraih penghargaan tertinggi dengan skor 94,29, hanya selisih 3,21 poin dari skor tertinggi 97,50 dalam kategori yang sama.

Sebagai bagian dari perjalanan menuju layanan publik kelas dunia, tahun ini merupakan kali pertama ULT Kemendikbudristek berpartisipasi dalam acara tahunan yang diselenggarakan oleh Indonesia Contact Center Association (ICCA). Saat ini, Kemendikbudristek, melalui Unit Layanan Terpadu dalam Biro Kerja Sama dan Humas, sedang berusaha untuk mensentralisasi sistem Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM) guna memberikan layanan yang lebih baik dan memuaskan kepada masyarakat.

ICCA sendiri didirikan pada tahun 2003 dan telah memberikan kontribusi besar dalam pertumbuhan contact center di Indonesia, meliputi sektor perbankan, asuransi, ritel, telekomunikasi, dan minyak dan gas.

Kompetisi TBCCI telah diselenggarakan oleh ICCA setiap tahun sejak 2007. TBCCI adalah kompetisi prestisius tingkat nasional di Indonesia yang diakui secara internasional oleh Contact Center Association of Asia Pacific (CC-APAC). Kompetisi ini menjadi platform untuk berbagi pengalaman dan inspirasi dalam layanan contact center, mulai dari staf hingga manajer. Diharapkan, para profesional contact center mendapatkan wawasan baru dan motivasi untuk meningkatkan layanan sesuai harapan pengguna layanan.

TBCCI 2023 merupakan perhelatan ke-17 kompetisi ini dan berlangsung dari Juni hingga September 2023. Kategori-kategori kompetisi dibagi menjadi tiga, yaitu Program Korporat, Individu, dan Kerja Sama Tim. Pada acara ini, ULT Kemendikbudristek berpartisipasi dalam lima kategori, yaitu Corporate Teamwork, The Best Reporting, The Best Quality Assurance, The Best Team Leader, The Best Agent, dan The Best Technology Innovation Corporate Program.